Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat

Penulis

  • Gita Permanasari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal tes pada materi segitiga dan segiempat. Dengan subjek penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah  5 orang siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kabupaten Bekasi dan dari  32 siswa, dengan klasifikasi siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitiannya adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis sejumlah 4 butir soal essay. Hasil tes yang telah dilakukan pada beberapa soal kemampuan komunikasi matematis untuk soal no. 1 pada indikator menyatakan benda-benda nyata, situasi, dan dalam bentuk model matematika dengan presentase 45%. Untuk soal no. 2 pada indikator menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bahasa matematika dengan presentase 55%. Kemudian untuk soal no. 3 pada indikator menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika yang dipelajari dengan presentase 45%. Dan untuk soal no. 4 pada indikator membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi generalisasi dengan presentase 15%. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa terdapat pada kategori cukup.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika, 144-153.

Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASLAH MATEMATIS SISWA SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 355-360.

Azwar, S. (2016). Mengkategorikan Rata-Rata Skor Dengan Menggunakan Kriteria. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education, 77-83.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Isnaeni, I., & Maya, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Pengajaran MIPA, 159-165.

Martin, M. O., Mullis, I. V., Foy, P., & Arora, A. (2016). TIMSS 2015 Internasional Result in Mathematics. Boston College: IEA.

National Councilof Teacher of Mathematics. (2000). Principle and Standards of School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Strategi Think Talk Write. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 101-112.

Salam, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 108-116.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 97-104.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Permanasari, G., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2664

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>