Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran

Penulis

  • Afrina Zikria Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMP Kelas VIII pada materi keliling dan luas lingkaran. Maka yang menjadi pegangan dalam penelitian ini adalah intrerpretasi penulis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Keliling dan Luas Lingkaran. Berpikir kreatif ialah proses berfikir bebas yang diharapkan dapat melihat permasalahan dari sudut pandang lain dan menemukan cara lain untuk menyelesaikan permasalahan. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, maka peneliti ingin mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMP. Dalam pengambilan subjek  penelitian peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan memilih 4 orang responden dengan kategori Tinggi, Sedang, Rendah. Di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bogor yaitu kelas 8 SMP. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil analisis jawaban dari soal yang peneliti berikan menunjukan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa SMP masih rendah. Terbukti dari jawaban yang dituliskan siswa yang belum memenuhi aspek kemampuan berfikir kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Purwaningrum, J. P. (2016). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBASIS SAINTIFIC APPROACH. REFLEKSI EDUKATIKA, 145-157.

Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa'i, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Proceeding Biology Education Conference , 330-334.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Zikria, A., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2698

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>