ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Penulis

  • Desi Nurpertiwi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi kubus dan balok. Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilakukan mengenai: (1) menjelaskan uraian/ide-ide matematik secara tertulis dengan berbagai benda nyata, gambar maupun grafik. (2) menyatakan situasi (peristiwa sehari-hari) kedalam bahasa atau simbol matematika. (3) menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok yaitu dengan memberikan soal-soal mengenai kubus dan balok kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 8 KARAWANG BARAT tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menjelaskan uraian/ide-ide matematik secara tertulis dengan berbagai benda nyata, gambar maupun grafik tergolong sedang. Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyatakan situasi (peristiwa sehari-hari) kedalam bahasa atau simbol matematika dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari tergolong rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Choridah, D. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Infinity. Vol 2. No 2.

Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Infinity. Vol 2. No 2 (184).

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity. Vol 1. No 1.

Yanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Skripsi STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Nurpertiwi, D., & Hidayati, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2381

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>