Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga

Penulis

  • Ayu Arlin Yustika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan representasi matematis sangat diperlukan untuk dapat memahami suatu permasalahan matematis yang dapat mengubah suatu permasalahan dari abstrak menjadi konkret. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa SMP kelas VIII khususnya materi segiempat dan segitiga. Kemampuan representasi matematis yang akan dideskripsikan ditinjau dari kemampuan representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis dan representasi kata atau teks tertulis. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa, observasi, tes bentuk uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa memiliki kecenderungan lebih mampu menyelesaikan suatu masalah pada soal representasi persamaan atau ekspresi matematika dan representasi kata atau teks tertulis dibandingkan dengan kemampuan representasi visual. Dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan representasi visual siswa dalam menyelesaikan soal dikategorikan kurang dan memperoleh persentase sebesar 36,84%, 2) kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis siswa dalam menyelesaikan soal dikategorikan baik dan memperoleh persentase sebesar 31,57% dan 3) kemampuan representasi kata atau teks tertulis siswa dikategorikan cukup dan memperoleh persentase sebesar 47,36%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adabiah, R. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Segi Empat di MTS Nw Tapen Gerung Lombok Barat. Mataram: Unversitas Islam Negeri Mataram.

Astuti, R & Sirij, A, R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Vol. 2 No. 2

Cai, J & Jakabscin, S, M & Lane, S. (2010). Assesing Students’ Mathematical Communication. Marquette University: Robert Morris College: University of Pittsburgh.

Dewi, W. N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa SMP. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang

Kanisius, M & Sadra, W. I & Supatra. N .I. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. Bandung: e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Sabirin. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari: Vol. 01 No. 2.

Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tesis Magister: Universitas Pendidikan Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Yustika, A. A., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2677

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>