Studi Kasus Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA

Penulis

  • Ronauli Sihaloho Pendidikan Matematika-Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika - Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan siswa belum mampu mengidentifikasikan permasalahan dan belum mampu mengaitkan pengetahuan matematika yang dimiliki dengan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan subjek penelitian dipilih siswa kelas XI pada satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak tiga soal, yang memuat indikator reacting, comparing, dan contemplating. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dikelompokkan dalam kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Penyebab rendahnya kemampuan berpikir reflektif mstematis siswa dikarenakan siswa belum mampu mengidentifikasikan unsur-unsur yang diperoleh, mengaitkan permasalahan dengan pengetahuan untuk membuat strategi penyelesaian, dan menjelaskan hasil yang diperoleh, sehingga kesalahan terjadi berulang-ulang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azwar, S. (2007). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Damayanti, S. (2018). Penerapan teknik scaffolding dalam model problem-based learning terhadap kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematis siswa SMA. Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak diterbitkan.

Demirel, M., Derman, I., & Karagedik, E. (2015). A study on the relationship between reflective Thinking skills towards problem solving and attitudes towards mathematics. Procedia, 197, 2086–2096.

Kartika Dian, C., Kriswandani, K., & Ratu, N. (2018). Analisis kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal cerita materi persegi bagi siswa kelas VIII SMP Kristen 02 Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Paedagoria, 9(1), 1–4.

Masamah, U. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 1–18.

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan bahan ajar dan instrumen untuk meningkatkan berpikir reflektif matematis berbasis pendekatan metakognitif pada Siswa sekolah menengah atas ( SMA ). 252–263. Yogyakarta: Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika.

Zulkarnaen, R. (2010). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa SMA melalui pendekatan open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe coop-coop. Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Zulmaulida, R. (2012). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan proses berpikir reflektif terhadap peningkatan kemampuan koneksi dan berpikir kritis matematis siswa. Universitas pendidikan indonesia: Tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Sihaloho, R., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2726

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>