Studi Kasus Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri

Penulis

  • Siti Nurapipah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih cukup rendah, hal ini disebabkan siswa masih kurang memahami permasalahan soal yang diberikan serta kesulitan dalam mengidentifikasi soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri. 26 siswa kelas XI pada Satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang dipilih sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak empat soal, setiap soal mengacu pada indikator berpikir kritis yang meliputi: menganalisis, mengidentifikasi, menghubungkan, memecahkan masalah dan menyimpulkan. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dikelompokkan kedalam kategori: tinggi, sedang dan rendah. Siswa yang memperoleh kategori rendah dikarenakan siswa belum mampu menganalisis serta menghubungkan beberapa unsur yang ada pada soal, sehingga masih banyak siswa yang kurang tepat dalam menyelesaikan permasalahan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chasanah, A. N. (2019). Pembelajaran model cognitive growth berbasis scientific approach untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 21-26.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approache (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Erasanti, P. D. (2016). Perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept siswa antara yang belajar dengan pendekatan metacognitive guidance dan saintifik. Tesis pada Program Studi Pendidikan Matematika, SPs Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Fedi, S., Gunsi, A.S., Ramda, A.H., dan Gunur, B. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(1), 11-20.

Kaliky, S., dan Juhaevah, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah identitas trigonometri ditinjau dari gender. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126.

Karim, dan Normaya. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Edu-mat: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1), 92-104.

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika (studi kasus di kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma, 3(1), 92-106.

Listiani, Waode. (2012). Analisis hasil tes kemampuan berpikir kritis matematik siswa. Tesis pada Program Studi Pendidikan Matematika, SPs Universitas Haluoleo. Tidak diterbitkan.

Nurfauziah, P., dan Sari, V., T., A. (2018). Penerapan bahan ajar trigonometri dengan model matematika knisley untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik. Aksioma, 7(3), 356-362.

Nuriyatin dan Hartono. (2016). Pengembangan pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan berpikir kritis dan motivasi belajar geometri di SMP. Pythagoras, 11(2), 207-218.

Rofi’ah dan Masriyah. (2018). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika open-ended ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 550-556.

Saraswati, P., A. (2015). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Tesis pada Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Setyaningsih, T.D., Agoestanto, A., dan Kurniasih, A.W. (2014). Identifikasi tahap berpikir kritis siswa menggunakan PBL dalam tugas pengajuan masalah matematika. Jurnal Kreano, 5(2), 180-187.

Subroto, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120.

Suwarma, D.M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Trilling, B., Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.

Zulkarnaen, R. (2018). Why is mathematical modeling so difficult for students? AIP Conference Proceedings 2021, 060026.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nurapipah, S., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2727

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>