Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaa Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Penulis

  • Aat Juatiningsih Lestari Utami Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Masih ditemukannya siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, hal ini ditunjukkan dari kemampuan siswa dalam menentukan unsur-unsur penting serta merepresentasikan masalah cerita kedalam bentuk model matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaa linear tiga variabel. Subjek penelitian dipilih siswa kelas XI pada satu SMA Negeri di Kabupaten Bekasi sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak dua  soal. Teknik analisis kesalahan jawaban siswa mengunakan analisis Newman yang meliputi kesalahan: reading, comprehension, transformation, process skill, dan end coding. Hasil penelitian diperoleh kesalahan reading sebanyak 1,5%; kesalahan comprehension sebanyak 17,5%; kesalahan transformation sebanyak 6,6%; kesalahan process skill sebanyak 37,2%; dan kesalahan encoding sebanyak 37,2%. Mayoritas siswa melakukan kesalahan process skill yang disebabkan penalaran algoritmik, yang dikarenakan kelemahan siswa dalam memanipulasi matematika. Sedangkan, mayoritas siswa melakukan kesalahan encoding disebabkan ketidakbiasaan siswa untuk melakukan evaluasi atas jawaban.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, E. W. (2016). Penerapan tahapan polya melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Balong. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan persamaan linier berdasarkan Newman kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah ota Pasuruan. Snmpm, 346–359. Cirebon.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1), 53–64.

Monalisa, A. C. (2019). “Analisis kesalahan siswa SMA dalam menyelesaikan soal program linear menggunakan tahapan Newman. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Nugroho, R. S. A. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel pada siswa kelas X MAN 1 Sukoharjo. Universitas muhammadiyah Surakarta.

Polya, G. (1973). How to solve it. In P. U. Press (Ed.), America (2nd ed.). Amerika: Princeton university press.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174.

Utami, A. S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan komposisi fungsi di SMK Bakti Purwokerto. Journal of Mathematics Education, 3(2), 48–56.

Zulkarnaen, R. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penalaran Proposional. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, (M–8), 49–54.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Utami, A. J. L., & Zulkarnaen, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaa Linear Tiga Variabel (SPLTV). Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2755

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>