Studi Kasus Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Kelas IX pada Materi Statistika

Penulis

  • Atika Ayu Prameswari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan penalaran statistis siswa masih rendah dikarenakan siswa masih kesulitan dalam memahami permasalahan dengan konteks soal non rutin, salah satunya mendeskripsikan dan menentukan kesimpulan dari masalah statistik yang disajikan dalam bentuk diagram maupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan penalaran statistis siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian ini dipilih siswa kelas IX pada satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang sebanyak 30 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak dua soal, setiap soal mengacu pada indikator penalaran statistis yang meliputi: describing; organizing dan reducing; representing; dan analyzing dan interpreting. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dikelompokkan ke dalam kategori: tinggi, sedang, rendah pada masing-masing indikator. Hasil penelitian diperoleh siswa pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang memperoleh kategori rendah dikarenakan siswa belum mampu menjelaskan konsep dari masalah, menyelesaikan masalah, dan menghubungkan masalah ke dalam bentuk diagram secara tepat.

Kata kunci:
Interpretasi, sintesa, representasi, analisis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta :

Depdiknas.

Habibatul Izzah, K., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210–218.

Maryati, I. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. 6, 129–140.

Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2019). Kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40.

Rosidah. (2006). Penalaran statistis siswa SMA dalam pemecahan masalah statistika ditinjau dari perbedaan gender (studi kasus untuk siswa dengan kemampuan matematika rendah). Prosiding Seminar Nasional, 02(5), 57–65.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Edisi ke 6, Tarsito: Bandung.

Setyorini, I. ayu, Pramudya, I., & Setiawan, R. (2017). Analisis pemahaman konsep siswa terhadap materi pokok statistika ditinjau dari kebiasaan belajar matematika pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM) Solusi, 1(1), 885–886.

Zuhri, M. S., K, T. A., & Sujadi, I. (2004). Karakteristik penalaran siswa kelas XI sekolah menengah atas tentang sampel. 24–33.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Artikel