STUDI KASUS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)

Penulis

  • Ade Citra Juniarti Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan abstraksi matematis siswa masih rendah, hal itu ditunjukkan dari ketidakmampuan siswa dalam mempresentasikan masalah menjadi model matematis, dan memberikan interpretasi terhadap ekspresi matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan abstraksi matematis dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek penelitian dipilih siswa kelas X pada satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak dua soal, dengan masing-masing soal memuat indikator: mengidentifikasikan karakteristik objek melalui pengalaman langsung; mengidentifikasikan objek yang dimanipulasikan atau diimajinasikan; membuat generalisasi; merepresentasikan gagasan matematika dalam bahasa dan simbol-simbol matematika; melepaskan sifat-sifat kebendaan dari sebuah objek atau melakukan idealisasi; membuat hubungan antar proses atau konsep untuk membentuk suatu pengertian baru; mengaplikasikan konsep pada konteks yang sesuai; dan melakukan manipulasi objek matematis yang abstrak. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dikelompokkan ke dalam kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Selanjutnya, melalui teknik selective coding sederhana terpilih dipilih satu siswa (SC-p) untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan abstraksi matematis secara mendalam. Hasil analisis mendalam terhadap SC-p diketahui bahwa ketidakmampuan siswa dalam mengidentifikasi, memanipulasi, merepresentasi objek matematis dikarenakan lemahnya kemampuan pemahaman konseptual matematis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. (E. D. Lestari, Ed.) Sukabumi: CV Jejak.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019, January). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV ditinjau dari indikator kemampuan matematis. Supremum Journal of Mathematics Educatio, 03(01), 32-36.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hasratudin. (TT). Membangun karakter melalui pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 06(02), 130-141.

Suwanto, F. R., Tobondo, Y. V., & Riskiningtyas, L. (2017). Kemampuan Abstraksi dalam Pemodelan Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 301-306). Yogyakarta: UNY.

Yusepa, B. P. (2016, Desember). Kemampuan abstraksi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) KLS VIII. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 01(01), 54-60.

Zulkarnaen, R. (2018). Peningkatan kemampuan pemodelan dan penalaran matematis serta academic self-concept siswa SMA melalui interpretation construction design model. Disertasi pada SPs Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Juniarti, A. C., & Zulkarnaen, R. (2019). STUDI KASUS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV). Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2735

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>