Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat

Penulis

  • muhamad fauzi firdaus Universitas Singaperbangsa Karawang
  • indrie noor aini Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Rendahnya komunikasi pada siswa ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang kesulitan untuk mengungkapkan ide-ide dan simbol-simbol matematis, sehingga dapat mengetahui kemampuan komunikasi siswa kelas VIII pada materi segitiga dan segiempat. Subjek yang digunakan dalam penelitian diperoleh dengan cara mengambil data secara acak pada siswa IX SMPN 1 Karawang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengambilan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun hasil tes telah dilakukan masih menunjukkan hasil dibawah rata-rata, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa masih dikategori rendah.

 

Kata kunci: 

Kemampuan Komunikasi Matematis, Segitiga dan Segiempat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

muhamad fauzi firdaus, Universitas Singaperbangsa Karawang

prodi pendidikan matematika

indrie noor aini, Universitas Singaperbangsa Karawang

prodi pendidikan matematika

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

NCTM, (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Ramlah & Rina Marlina. (2019). Implementasi Teknik Visual Thinking Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan Dalam Pencapaian Komunikasi Matematis Siswa SMP. ?IGMA, Volume 2, Nomor 2, Hlm 50-58.

Sriwahyuni Tresno, Risma Amelia, dan Rippi Maya. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D), Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

firdaus, muhamad fauzi, & aini, indrie noor. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2807

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>