Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar

Penulis

  • Nur Fitri Ramadhani Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan berpikir reflektif matematis pada pembelajaan matematika di sekolah masih kurang mendapat perhatian. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengamatan peneliti terhadap cara siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX di SMPN 8 Karawang Barat sebanyak 20 siswa. Adapun pada teknik pengumpulan data, yaitu dengan memberikan tes uraian pada materi bangun ruang sisi datar untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai tes uraian kemampuan berpikir reflektif matematis siswa belum terpenuhi, bahkan tergolong rendah. Hal tersebut karena dalam hasil penelitian diperoleh dari 20 siswa yang mengerjakan permasalahan tersebut, hanya 1 siswa yang termasuk ke dalam kategori kemampuan berpikir reflektif matematis tinggi. Jika dipersentasekan diperoleh 5% dengan kategori tinggi, 35% dengan kategori sedang, dan 60% dengan kategori rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, M. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMA Berkemampuan Matematika Tinggi Pada Materi Bentuk Aljabar. Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana, 9.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. DIsertasi pada SPs UPI, 69-82.

Rodgers, C. (2002). Definiting Reflective: Another Look at John Dewey and Reflective Thingking. State University of New York, 850.

Sabandar, J. (2009). Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UPI, 3.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Wahyuni, F. T. (2018). Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Awal Tinggi dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Kudus, 29.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2835

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>