Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang

Penulis

  • Yekti Handayani
  • Indrie Noor Aini pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat melalui gejala sebagai berikut, yaitu siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan penerapan konsep pada soal yang diberikan karena siswa lebih banyak menghafal rumus dibandingkan dengan memahami konsepnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi peluang. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjuamlah 32 orang siswa SMA Negeri 1 Teluk jambe Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data maka kemapuan pemahaman konsep siswa menjadi kedalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Presentase kemampuan siswa dengan kriteria tinggi yaitu sebesar 21,88%, untuk kriteria sedang sebesar 46,88% dan untuk kriteia rendah sebesar 31,25% Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi peluang rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, H., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. yogyakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B Uno. (2006). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permana. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Model Aliciting Activities. Disertasi UPI.

Rizka, N., Syarifuddin, H., & Suherman. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 1, Vol. 3 No., 44–48.

Sudjana. (2011). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutisna, A. P., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan Rme. 1(1), 31–40. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2929

Wardhani, I. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Handayani, Y., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2826

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>