Analisis Kemampuan Metakognisi Matematis Dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Pada Siswa SMP

Penulis

  • Syiffa Fadhillah
  • Indrie Noor Aini

Abstrak

 

ABSTRAK

Adanya masalah tingkat kesadaran berpikir siswa, sehingga tingkat kemampuan metakoognisi matematis siswa masih rendah, sehingga bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek  penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Al-Azhar 35 Karawang di Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil kemampuan metakognisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan metakognisi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi relasi dan fungsi masih rendah, karena dari 22 siswa yang mengerjakan tes hasil kemampuan tersebut hanya 7 orang yang menyelesaikan dengan benar dengan presentasi 31.81%, selanjutnya siswa yang menjawabnya benar tetapi tidak memenuhi indikator kemampuan ada 14 orang dengan presentasi mencapai 63,63%, dan siswa yang tidak terstruktur dan hasil penyelesaiannya pun salah ada 1 orang dengan presentasi mencapai 4,54%. Berdasarkan hasil jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kemampuan metakognisi matematis siswa masih tergolong rendah.

 

Kata kunci: 

Kemampuan Metakognisi Matematis, Relasi dan Fungsi

 

Copyright © 2019 by the authors; licensee Department of Mathematics Education,  University of Singaperbangsa Karawang. All rights reserved. 

This is an open access article distributed under the terms of the CC BY-SA license. (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Fadhillah, S., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Metakognisi Matematis Dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2862

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>