Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus

Penulis

  • Chynta Anindya Adiyanti PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Indrie Noor Aini PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Abstrak

Pada saat ini penalaran matematis siswa SMP masih sangat rendah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memanipulasi matematika pada permasalahan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Maka dari itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian 3 butir soal tes tertulis pada subjek terpilih.Teknik untuk menganalisis data menggunakan cara random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX A di salah satu SMP Karawang. Pengkategorian tingkat kemampuan penalaran matematis terdiri dari 3 tingkat yaitu : tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh bahwa terdapat 0 siswa untuk jawaban yang berada di kategori tinggi, terdapat 15 siswa untuk jawaban yang berada di kategori sedang, dan terdapat 2 siswa untuk jawaban yang di kategori rendah. Karena nilai rata-rata siswa dalam menjawab soal kemampuan penalaran matematis adalah 34,12. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kategorisasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP berada di tingkat rendah. Artinya, kemampuan penalaran matematis siswa SMP belum maksimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003: Hlm.75 tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lailatul Fajriyah, S. E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 109.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13 No. 1, hlm. 44.

Sayekti Dwiningrum, M. I. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 161-167.

Sukmadinata, P. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Zulkardi dan Darmawijoyo, A. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Adiyanti, C. A., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2821

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>