Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan

Penulis

  • Ida Saidah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa tidak sesuai dengan yang ada dilapangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. Pemilihan subyek dengan cara purpossive sampling, diperoleh siswa kelas VIII. Pengambilan data diperoleh dengan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan materi pola bilangan yang kemudian hasil jawaban siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 siswa yang mengerjakan tes tersebut hanya 4 orang yang menjawab dengan proses dan jawaban yang benar, jika dipersentasekan hanya mencapai 14,81%. 21 orang yang menjawab dengan proses yang benar namun terdapat jawaban yang salah, jika dipersentasekan mencapai 77,78%. Dan 2 orang yang menjawab dengan proses dan jawaban yang salah, jika dipersentasekan mencapai 7,41%. Dari hasil jawaban siswa tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada materi pola bilangan adalah sedang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ida Saidah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

Indrie Noor Aini, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol.3 No.2, 165.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif 5(1), 14-25.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 29-31.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 Nomor 1, 65-74.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Saidah, I., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2824

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>