Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV Pada Siswa SMP

Penulis

  • Nadya Chyntia Khairunnisa PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Indrie Noor Aini PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang masih kurang mampu dalam menyatakan kembali penyelesaian dari permasalahan yang diberikan. Tujuan penilitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan materi spldv. Subjek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A di salah satu SMP Karawang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan pemahaman konsep yang sebelumnya sudah dilakukan validasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh skor siswa yang mampu menyatakan ulang sebuah konsep mencapai 39,70%, skor siswa yang mampu menyajikan konsep kedalam bentuk representasi matematis mencapai 42,64%, dan skor siswa yang mampu mengaplikasikan konsep algoritma dalam pemecahan masalah mencapai 36,76%.  Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal spldv dikategorikan kurang dengan persentase 39,71%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Indrie Noor Aini, PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV Pada Siswa SMP

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV Pada Siswa SMP

Referensi

Andini, U. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Mtaeri Pertidaksamaan Harga Mutlak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 552-530.

Basir, F, & Karmila. (2011). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional ISSN 2443-11909, 02, 83-84.

Fajar, P. A., Kodirun, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 229-239.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematic. Washington, DC: National Academy Press.

Mawaddah , S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) . Edu-Mat, 76-85.

Mukrimatin, N. A., Murtono, & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri RAU Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2615-4072.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Presiden Republik Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Wardhani, S (2008). Analaisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Zuliana, E. (2017). Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika, 35-43.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV Pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2814

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>