Self Efficacy Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas IX SMP

Penulis

  • Muhammad Surya Aditya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat self-efficacy matematis siswa pada mata pelajaran matematika ditinjau dari dimensi-dimensi self-efficacy. Populasi dalam penelitian ini adalah salah satu kelas IX di SMP Negeri 3 Karawang Timur Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan pengambilan data diperoleh dengan instrumen berupa angket self-efficacy matematis yang terdiri dari 20 butir pernyataan dan disesuaikan berdasarkan dimensi-dimensi self-efficacy. Setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan skala likert, pada dimensi magnitude memiliki persentase 64% (baik), dimensi generality ada dipersentase 67% (baik), dan dimensi strength pada kriteria yang baik juga yakni 67%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika memiliki level yang baik secara keseluruhan, ditinjau dari dimensi self-efficacy yakni magnitude, generality, dan strength.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-08

Cara Mengutip

Surya Aditya, M., & Imami, A. I. (2023). Self Efficacy Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas IX SMP. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7656

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>