Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Putri Tiara Pancaning Ayu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini memperlihatkan tentang gambaran motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal lain dipaparkan gambaran motivasi dalam proses pembelajaran matematika diperlihatkan adanya ketekunan dalam menghadapi tugas, serta adanya dukungan dalam menghadapi kesulitan dengan rasa tidak cepat putus asa, bahkan tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin, sehingga lebih senang kerja mandiri bahkan cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, agar dapat mempertahankan pendapatnya dan tidak mudah melepaskan hal yang sudah diyakininya. Gambaran ini merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam menanggulangi motivasi belajar siswa yang saat ini mungkin terjadi penurunan motivasi khususnya ketika belajar matematika, sehingga dalam artikel ini membahas tentang bagaimana motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdulhak, Ishak. 2000. Strategi Membangun Motivasi Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: CV. Andira

Amaliah, Dini, dkk. 2013. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Unindra Press.

Chisara, C., Hakim. D.L dan Kartika, H. 2018. Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097/1635. Diakses: 15 November 2019, 22:15 WIB.

Hakim, D.L. 2014. Efforts to Improve Student Learning Ourcomes by Using Cooperative Learning Type Of Student Teams Achievement Division (STAD). Implementation and Education Of Mathematic And Sciences. ISBN.978-979-99314-8-1. https://eprints.uny.ac.id/11548/ diakses: 14 November 2019, 20:50 WIB

_____. 2017. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service. Vol.2. P-ISSN 2528-5572. http://ojs2.lucetechno.com/index.php/lppm/article/view/370 diakses: 15 November 2019, 22:05 WIB

_____. 2017. Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII Smp Di Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2 No.1. P-ISSN: 2502-7638. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1476. diakses: 15 November 2019, 22:07 WIB

_____. 2017. Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indinesia. diakses: 15 November 2019, 22:07 WIB

Hakim, D.L. dan Daniati, N. 2014. Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminae Nasional Riset Inovatif II. ISSN: 2339-1553.

https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/458/318 diakses : 15 November 2019, 22:10 WIB

Hakim, D.L. dan Sari, R.M.M. 2019. Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol. 12 No. 1. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4860 diakses : 15 November 2019, 22:12 WIB

Herges, R.M, Duffield, dkk. 2017. Motivation and Achievement of Middle School Mathematics Students. The Mathematics Educator. 2017 Vol. 26, No. 1, 83–106.

Masykur, M. Dan Abdul H. 2008. Mathematical Intelligence. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Marno dan M.Idris. 2010. Strategi Dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nurilah, Hakim. D.L, dan Kartika. H. 2018. Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article /view/2102 diakses: 14 November 2019, 20:45 WIB.

Sukmadinata. N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Fitriani & Utami, R.W. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Saintifik Pada Siswa Kelas VIII-C Smp Negeri 15 Yogyakarta. ISBN 978-979-3812-46-5

Middleton J.A dan Spanias P.A. 1999. Motivation for Achievement in Mathematics: Findings, Generalizations, and Criticisms of the Research. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 30, No. 1, 65–88.

McKenzie, G. R. (1973). Quizzes: Tools or tyrants. Instructional Science, 2, 281-293

Gholami V & Moghaddam M.M. (2013). The Effect of Weekly Quizzes on Students‘ Final Achievement Score. I.J. Modern Education and Computer Science. DOI: 10.5815/ijmecs.2013.01.05.

https://m.detik.com/news/berita/d-4568718/rata-rata-hasil-unbk-2019-tingkat-smp-masih-dibawah-standar diakses: 1-10-2019, 22.27 WIB

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Ayu, P. T. P., & Hakim, D. L. (2019). Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2924

Terbitan

Bagian

Artikel