Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-07-25. Baca versi terbaru.

Pengetahuan Guru Penjas Tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Penulis

  • Achmad Fachrul Mahasiswa
  • Rekha Ratri Julianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.4041

Abstrak

Penelitian ini adalah laporan tentang Pengetahuan Guru Penjas tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa Kelas X Smk Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Untuk mendapatkan data, Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian: Populasi dan sample. Dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument penelitian, dan kuesioner/angket.

Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bersifat korelasi, yaitu menjelaskan hubungan antara variabel dengan menganalisis data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 82. Karena penelitian ini menggunakan total sampling (probability sampling) maka sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Instrumen yang digunakan adalah angket pengetahuan guru penjas dan angket motivasi belajar penjas. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan guru penjas dengan motivasi belajar penjas dengan koefisien korelasi 0,832, lebih besar dari batas penolakan rtabel 1%= 0,220 dengan hasil uji F menunjukan Fhitung = 1,22 lebih kecil dari Ftabel dengan tarif signifikan 5% = 1,45

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin Ramlan. (2018). Survei minat dan motivasi siswa dalam penjas. Jurnal penjas. 28(2), 92-100

Arikunto. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Aziz Wahab. (2010) Model-Model Pembelajaran Penjas. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Azwar, Saifudin, 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Darwis A, Soelaiman (1989). Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Erlina. (2012). Pengertian Pendidikan Jasmani. Jakarta: Pustaka Pelajar Offset

Husadarta dan Yudha M Shaputra.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta

Jannah Miftakhul. (2017). Pengertian motivasi dalam pembelajaran penjas. Jakarta: Raja Grafindo persada

Permana. (2009). Motivasi dan Minat Belajar. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Sardiman.(1986). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Samsudin. (2008). Pengertian pendidikan jasmani. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Samsudin. (2008). Ruang lingkup pembelajaran penjas. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Rohman Ujang. (2016). Model pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Penjas. 12(22), 112-118

Rusman. (2012). Model Pembelajaran Penjas. Jakarta : Penerbit Alfabeta.

Sofyan Amri. (2013). Strategi, model pembelajaran dan pendekatan. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sofyan Siregar. (2014). Statistik Parametik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-07-25

Versi

Cara Mengutip

Fachrul, A., Ratri Julianti, R., & Mury Syafei, M. (2021). Pengetahuan Guru Penjas Tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.4041

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama