PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Puspa Noer Fadilia Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Marsah Rahmawati Utami Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedan pencapaian kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh model contextual teaching and learning dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII pada satu SMP di Kabupaten Karawang, dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara purposive sampling, dipilih dua kelas yaitu kelas VII B (N= 40) yang memperoleh model contextual teaching and learning sebagai kelas eksperimen dan VII C (N= 40) yang memperoleh model pembelajaran langsung sebagai kelas kontrol. Dari hasil rata-rata skor posttest kemampuan koneksi matematis kelas ekperimen adalah 31,45 sedangkan kelas kontrol adalah 21,60. Kemudian untuk rata-rata skor N-gain kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen adalah 0,81 dan kelas kontrol adalah 0,45. Berdasarkan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cut, Musriliani, dkk. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Hal. 2-4.

Tua, Harahap Halomoan. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatka Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun 2013/2014. Jurnal EduTech Vol.1 No.1, Hal 6-7.

Lukman, D. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Nurfitria. Hudiono, B. dan Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Dasar Matematika Di SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan.

Harahap, R., Dewi, L., dan Sumarno (2012). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washliyah 8 Medan.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Fadilia, P. N., Zulkarnaen, R., & Utami, M. R. (2021). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2100

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>