ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Penulis

  • Indah Mutiara Cahya Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematis pada siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di salah satu sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes yang berbentuk uraian soal, kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk mengetahui kategori tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa indikator mengajukan dugaan sebesar 46,47%, indikator melakukan manipulasi matematika sebesar 64.71%, indikator menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberi alasan terhadap kebenaran solusi sebesar 34,12%, indikator memeriksa kesahihan suatu argumen sebesar 30,59% dan indikator menentukan pola atau sifat dari gejala matematika untuk membuat generalisasi sebesar 21,76%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dikatakan rendah, karena dari keseluruhan indikator mencapai persentase sebesar 49.41%.


Kata kunci:
Kemampuan Penalaran Matematis, Relasi dan Fungsi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kamilah, S. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Pendekatan Konstektual. Skripsi pada Sarjana Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak dipublikasikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Putri, A. D., & Yuliani, A. (2019, Februari). Analisis Kemampuan penalaran Matematis Siswa MA Di Kabupaten Bandung Barat Pada Materi Barisan dan Deret. Journal On Edcation, Volume 01, No. 02.

Shadiq. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Makalah yang disampaikan pada Diklat Instruktur/pengembang Matematika SMA. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah PPPG Matematika.

Sulistiawati. (2014). Analisis Kesulitas Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas. Pengolahan Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains dan TIK.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 1.

Suprihatin, T., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Volume 2 Nomor 1.

Widjaya. (2010). Design Realistic Mathematics Education Lesson. Disajikan dalam Seminar Nasional FKIP Unsri. Palembang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2019). ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2656

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>