Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi

Penulis

  • Vivin Andini Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H di salah satu sekolah SMP Negeri yang ada di Kabupaten Karawang Tahun Ajararan 2019/2020 sebanyak 39 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian soal mengenai kemampuan berpikir kritis matematis, kemudian data yang dihasilkan adalah data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa indikator dalam memfokuskan pertanyaan, memberikan penjelasan sederhana mencapai presentase sebesar 41,03%, indikator membangun keterampilan dasar mencapai presentase sebesar 66,67%, indikator memberikan penjelasan lebih lanjut (mengidentifikasi asumsi) sebesar 40,51%, indikator Menentukan strategi dan teknik (menentukan dari permasalahan dalam soal dan menuliskan jawaban atau solusi dari permasalahan dalam soal) sebesar 5,128% dan indikator menarik kesimpulan sebesar 16,41%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dikatakan rendah, karena rata-rata presentase keseluruhan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu sebesar 41,54%.


Kata kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Relasi dan Fungsi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, & Suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Effendi, K. N., & Adirakasiwi, A. G. (2018). belajar dan pembelajaran mateatika. karawang: untuk pedoman perkuliahan belajar dan pembelajaran matematika program study pendidikan matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Ennis, & Robert. (1995). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.

Ennis, R.H. (1985). A Logical Basic For Measuring Critical Thingking Skills. Educational Leadership, 44-48.

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Forum Kependidikan.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nindya, & Kartikawati. (2018). Retrieved from slideshare: https://www.slideshare.net/mobile/GussNo/lampiran-i-permendikbud-no-58-tahun-2014

Sari, D. N., & Nurchasanah. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Yang Tercermin dalam Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA 1 SMA ISLAM ALMAARIF Singosari Malang.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Andini, V., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2654

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>