ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP

Penulis

  • Titin Sri Hartini Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi peserta didik dalam pembelajaran Matematika di SMP. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas XI-C pada salah satu SMP Negeri yang terletak  di Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan  dengan observasi yang berbentuk Kuesioner sebanyak 20 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rata-rata sebesar 49,925% termasuk dalam kategori cukup, berdasarkan adanya hasrat dan keinginan dalam belajar sebesar 56,8% termasuk dalam kategori tinggi,  adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar sebesar 49% termasuk dalam kategori cukup, adanya kegiatan menarik dalam belajar sebesar 46,88% termasuk dalam kategori cukup, tingkat perhatian peserta didik terhadap pelajaran sebesar 41% termasuk dalam kategori cukup, dan tingkat keyakinan peserta didik terhadap kemampuannya dalam pembelajaran sebesar 54% termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulan yang diperoleh yaitu motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di SMP sudah masuk kategori cukup namun tetap perlu adanya  dorongan, perhatian, dan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran Matematika.

Kata kunci:

Analisis, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, R., Afifah, N., & Lestari, R. (2016). Analisis Motivasi Belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Rambah Hilir.

Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Fuad, A. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berbentuk Komik untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi pada kompetensi menyusun laporan keuangan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun ajaran 2015/2016.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011, April). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Disekolah Dasar. jurnal penelitian pendidikan, 12(01).

Hazarida, R., Deswita, H., & Richardo, R. (2015). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Rambah Hilir.

Irachmat, M. R. (2015, Januari). Peningkatan perhatian siswa pada proses pembelajaran kelas III melalui permainan Ice Breaking di SDN Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Khairiah, Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200-210.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syam, A., & Amri. (2017, Juni). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5(1).

Syardiansah. (2016, Mei). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen ( Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM Semester II). Jurnal Manajemen, 05(01).

Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 220-219.

Widiyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Hartini, T. S., & Warmi, A. (2019). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2665

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>