Analisis Self-Regulated Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau Dari Fase-fase Self-Regulated Learning

Penulis

  • Dina Kurnia pendidikan matemtika universitas singaperbangsa karawang
  • Attin Warmi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-regulated learning siswa dalam  pembelajaran matematika pada siswa SMP yang ditinjau dari fase-fase self-regulated larning. Penelitian ini dilakukan disalah satu sekolah  SMP swasta yang ada dikabupaten Karawang, dengan subjek siswa kelas VIII B yang terdiri dari 26 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan metode survei yang berbentuk angket sebanyak 20 pernyataan yang dikelompokkan berdasarkan fase-fase  self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji persentase rata-rata. Hasil penelitian persentase rata-rata angket keseluruhan siswa sebesar 27,6%, diperoleh dari perencanaan 26,55%, pelaksanaan 28,53%, dan evaluasi 26,80%. Kesimpulannya, hanya sebagian kecil siswa dalam pembelajaran matematika atas keinginan sendiri. Sehingga self-regulated learning siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari fase self-regulated learning  pada kelas VIII B masih terbilang rendah dan rendahnya self-regulated learning siswa ini terdapat pada tahap perencanaan yakni dalam menentukan strategi yang akan digunakan belajar, serta mengatur diri untuk mempersiapkan belajar.

 

Kata kunci:

Self-Regulated Learning, fase-fase self-regulated learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Fauzi, A. (2018). Self-regulated learning: the effect on student’s mathematics achievement. IOP Conf. Jurnal of Physics, Ser.1097 012139, 8.

Herlina, N. ( 2011, Agustus). Pengaruh manajemen Komputer dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Mulu Layanan Pembelajaran. Edisi Khusus, ISSN 1412-565X, 139-147.

Melissa, M. M. (2016, Mei). Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar matematika Dengan Pendekatan Problem-based Learning (PBL) Dikelas VIIE SMP N Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), Vol. 2/No.1, 18.

Sugandi, A. I. (2013, September). Pengaruh pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Koferatif Jigsaw Terhadap KemandirianBelajar SMA.. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, Vol 2, No.2, 12.

Sugandi, U. (2015, april). Effectiveness Of Working Relationship With The Supervision Of Employess. Jurnal Governansi, ISSN 2442-3971 Volume 1 Nomor 1, 35-43.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Kurnia, D., & Warmi, A. (2019). Analisis Self-Regulated Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau Dari Fase-fase Self-Regulated Learning. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2646

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>