ANALISIS KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI RASA KECEMASAN MATEMATIKA

Penulis

  • Annisa Hapsari Utami Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang ditinjau dari rasa kecemasan pada diri peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kecemasan peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang sering terjadi pada saat pembelajaran matematika disekolah yaitu masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, kemudian memunculkan kesulitan belajar yang didasari oleh rasa kecemasan. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri di Karawang. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pemberian angket agar dapat mengetahui interpretasi kecemasan yang dialami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kecemasan yang dialami oleh peserta didik pada saat pembelajaran matematika pada indikator kecemasan somatik sebesar 38.62% dan pada indikator kecemasan psikologis sebesar 35.14%.

Kata kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Kecemasan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:Rineka Cipta

Ahyarudin, F. (2015). Keindahan dan Kecemasan Matematika.

Anditya, R. (2016). Faktor-faktor penyebab kecemasan matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Anitah W, Sri. Janet Trineke Manoy, & Susanah. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta:Universitas Terbuka

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Dewantara, K. (2009). Menuju Manusia Merdeka.Yogyakarta:Leutika.

Handayani, S. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.

M. Ridwan Tahir, Nursalam, U. (2015). PENGARUH KECEMASAN DAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MA NEGERI 1 WATAMPONE KABUPATEN BONE, 3.

Ranjan, &. Gunendra Chandra. (2013). Math Anxiety :" The Poor Problem Solving Factor in School Mathematics",International Journal of Scientific and Research Publication 4(3).

Sauki, M., & Budi, A. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.Yogyakarta

Whyte, J. (2012). "Maths anxiety: the fear factor in mathematics classroom", New Zealand Journal of Teachers'work 9(1).

Zakaria, E. &. (2008). The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Students as Related to Motivation and Achievement. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI RASA KECEMASAN MATEMATIKA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2660

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>