MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN TEKNIK VISUAL THINKING BERBASIS KOMIK

Penulis

  • Amanda Fauziah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Safuri MUSA Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampaun representasi matematis siswa SMP menggunakan teknik Visual Thinking berbasis Komik. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan dalam penelitian ini, yaitu masih rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequavalent Control Grup Design.

Populasi dalam    penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Karawang Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) yang menggunakan teknik visual thinking berbasis komik yang berjumlah 29 siswa, sedangkan kelas VII B (kelas kontrol) menggunakan pembelajaran biasa yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan representasi matematis. Kedua kelas tersebut diberikan pretest, treatment dan posttest dengan soal tes kemampuan representasi matematis.

Analisis data kunatitatif penelitian menggunakan software SPSS versi 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan represnetasi matematis siswa yang menggunakan teknik visual thinking lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Hal ini diartikan bahwa teknik visual thinking berbasis komik efektif terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP.

Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Teknik visual thinking, Komik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ramlah. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis serta Kebiasaan Berpikir pada Siswa MTs Melalui Pendekatan Problem Solving. Tesis pada STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.

Surya, Edy. (2010). Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa.

Triono, Agus. (2017). Analisis Kemampaun Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta: Tidak diterbitkan.

Khoerunnisa, Dyna. (2017). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta: Tidak diterbitkan.

Rawa, Natalia Rosalina. Dan Bhoke, Wilibaldus. (2017). Pengaruh Penggunaan LKS Matematika Berbentuk Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3 (1), 20-28.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Fauziah, A., MUSA, S., & Ramlah, R. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN TEKNIK VISUAL THINKING BERBASIS KOMIK. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2141

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>