Kecemasan Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Yunita Kurnia Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi pendahuluan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kecemasan peserta didik dalam mata pelajaran matematika di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilaksanakan di  sekolah menengah pertama negeri kabupaten Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 8 Karawang Barat tahun pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dengan cara purposive sampling, didapatkan kelas VIII C dengan jumlah 33 peserta didik yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket kecemasan matematika yang kemudian dicari bagaimana kecemasannya berdasarkan kriteria dan penafsiran kecemasan peserta didik yang telah ditentukan. Hasil jawaban angket dari 33 peserta didik setelah dilakukan perhitungan statistik menunjukkan rata-rata persentase secara keseluruhan sebesr 61%, hal tersebut berarti bahwa sebagian besar peserta didik kelas VIII  sekolah menengah pertama di Kabupaten Karawang mengalami kecemasan dalam mata pelajaran matematika.

 

Kata kunci:

Kecemasan, Mata Pelajaran Matematika, Sekolah Menengah Pertama

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anita , I. W. (2014, Februari). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 125-132.

Annisa , D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93-99.

Arifin, & Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aulia, F., & Marfuatun. (2015, Desember). Upaya Meminimalisir Kecemasan Siswa Menghadapi UN Melalui Aplikasi Modul “Mengapa UN Tanpa Stress”. Jurnal EducatiO, 10(2), 316-330.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rfika Aditama.

Marliani, N., & Hakim, A. R. (2015). Pengaruh metode belajar dan kecemasan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik. JKPM, 1(1), 136-150.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2, 1-10.

Ramlah, & Hanifah. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 17-25.

Rudiansyah, Amirullah, & Yunus, M. (2016, Agustus). Upaya Guru dalam Mengatasi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsiyah, 1, 96-109.

Sani, R. A., Manurung, R. S., Suswanto, H., & Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Tsmart Printing.

Saputra, P. R. (2014, Oktober). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety And How To ReduceE It). Pythagoras, 3, 75-84.

Talitha, V. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V SDN Cturtunggal 1. Skripsi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Kurnia, Y., & Firmansyah, D. (2019). Kecemasan Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2313

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>