Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal Persamaan Kuadrat Pada Kelas X

Penulis

  • Desi Nilasari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X disalah satu sekolah yang ada di Bekasi Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 34 orang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data diperoleh dengan menggunakan metode tes berbentuk soal uraian sebanyak lima soal. Kemudian dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan kemampuannya untuk mengetahui termasuk kategori tinggi, sedang atau rendah. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji nilai rata-rata dan standar deviasi. Diperoleh bahwa ada tiga siswa yang berada dikategori tinggi dengan presentase 8,82% , 25 siswa pada kategori sedang dengan presentase 73,53%, dan enam siswa pada kategori rendah dengan presentase 17,65%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa masih tergolong sedang dan belum memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, & Suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2017). Peraturan Menteri Nomor 506/C/Kep/PP/2004. In H. Hendriana, E. E. Rohaeti, & U. Sumarmo, Hard Skills dan Soft Skills Matematis Siswa (p. 7). Bandung: Refika Aditama.

Idrus, O. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Permutasi dan Kombinasi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Ambon. Ambon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. Universitas Negeri Semarang, 337-346.

Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 977-978.

Permendiknas. (2006). Nomor 23 Tentang Sandar Kompetensi Lulusan Untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Indonesia: Menteri Pendidikan Nasional.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Permsamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal Of Mathematics Education, 11.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran si Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wijaya, T. U., Destiniar, & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pebelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nilasari, D., & Warmi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal Persamaan Kuadrat Pada Kelas X. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2697

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>