Studi Kasus Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele

Penulis

  • Agung Abdul Ghani Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Siswa masih lemah dalam penguasaan bangun ruang sisi datar yang disebabkan oleh rendahnya tingkat berpikir geometri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir geometri siswa SMP kelas VIII. Subjek penelitian ini dipilih siswa  kelas VIII pada satu sekolah di kabupaten Karawang. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak 5 Soal, setiap soal mengacu pada indikator tingkat berpikir Van Hiele. Teknis analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunujukan bahwa siswa masih berada dalam level visualisasi teori Van Hiele.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdussakir. (2012). Pembelajaran geometri sesuai teori van hiele. Madrasah, 2(1). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Budiarto, M. T. (2000, November). Pembelajaran geometri dan berpikir geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya (Vol. 2)

Clements, D. H., & Battista, M. T. (2015). Geometry and Spatial Reasoning Clements , D . H ., & Battista , M . T . ( 1992 ). Geometry and spatial reasoning . In D . A . Grouws ( Ed .), Handbook of research on mathematics teaching and learning ( pp . 420-464 ). New York : Macmillian. 420–464.

Hidayat, F. A., R, Z., & Mirza, A. (n.d.). Analisis tahap berpikir geometri siswa berdasarkan teori van hiele ditinjau dari gaya kognitif di SMP.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS (PPPPTK, Ed.). Retrieved from www.p4tkmatematika.org

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-20

Terbitan

Bagian

Artikel