OTG FD AND G-WORLDEDU BAGI GENERASI Z YANG KEKINIAN

Penulis

  • Tuti Nuralawiah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fitriyana Fitriyana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi di era globalisasi ini yang semakin pesat. dalam pendidikan, teknologi merupakan salah satu penunjang dalam pencapaian proses pembelajaran agar peserta didik tidak tertinggal dalam penggunaan teknologi. Sistem pendidikan dan proses pembelajaran di Indonesia dinilai masih memiliki banyak kekurangan yang mengakibatkan kualitas pendidikan masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang satu arah. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru cenderung menggunakan metode ceramah dan masih jarang memanfaatkan media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Oleh karena itu dalam penulisan karya tulis ilmiah ini kami menggagas OTG FD (On the Go Flasdisk) and G-Worldedu (Game in the World of Education) sebagai inovasi dalam pembelajaran yang memanfaatkan media bagi generasi Z yang KEKINIAN (kreatif, komunikatif, interaktif, inovatif serta menyenangkan) berbasis SDGs 2030. Penulisan ini merupakan penulisan dengan studi pustaka yang bertujuan untuk memaparkan konsep, mengetahui keunggulan dan kelemahan, serta implikasi dalam penggunaan OTG FD dan G-worldedu dalam pembelajaran bagi generasi Z yang KEKINIAN. OTG FD merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk menyimpan file materi pelajaran yang dapat digunakan untuk belajar kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun, sedangkan G-Worldedu merupkan sebuah permainan yang digunakan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran bagi generasi Z, permainan yang digunakan adalah LUCATION (Ludo Educatio). Berdasarkan keunggulan dari penggunaan OTG FD and G-Worldedu dalam belajar melalui LUCATION diharapkan generasi Zdapat lebih memahami materi pelajaran, dan dapat menggembangkan kepribadian dalam aspek kreatifitas, komunikatif, inovatif, interaktif, dan menyenangkan.

 

Kata Kunci : SDGs 2030, Generasi Z, OTF FD (On the Go Flasdisk), G-Worldedu (Game in the World of Education), LUCATION.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiarti. (2009). Dalam Ariyanti & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58-69.

Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106.

Basri, Hasan, DKK. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan,3(1), 35-44.

Nazir, M. 2015. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia. Jakarta.

Indriantoro, N. & Supomo, B., 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Manajemen dan Akuntansi. BPFE. Yogyakarta.

Kartini & Sujarwo. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199-208.

Luthfi, A. (2014). Pengguna Internet di Indonesia Meningkat karena Smartphone Murah. [Online]. Tersedia : http://techno.okezone.com/read/2014/05/13/55/984284/pengguna- internet-di-indonesia-meningkat-karena-smartphone-murah. [15-09-2018].

Muhtarom, Nizzaruddin, & Sigiyanti (2016). Permainan Teka-teki Silang dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. PYTHAGORAS, 5(1), 20-31.

Ozkan, M, & Solmaz, B., 2015, Mobile Addiction of Generation Z and Its Effects. Procedia - Social and Behavioral Sciences 205, 92-98.

Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang. Universitas Negeri Malang Press.

Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

GoalsSdgs Quality Education in Indonesia. [Online]. Tersedia :https://safutrarantona.wordpress.com/2016/03/17/sustainable-development-goals-sdgs-quality-education-in-indonesia/. [15 Agustus 2017].

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Nuralawiah, T., Fitriyana, F., & Ramlah, R. (2021). OTG FD AND G-WORLDEDU BAGI GENERASI Z YANG KEKINIAN. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2106

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>