OPTIMALISASI FUNGSI OTAK KANAN MELALUI MEDIA LAGU TERHADAP PENCAPAIAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Vina Pratiwi Elawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Marsah Rahmawati Utami Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang diajarkan melalui media lagu dengan mengoptimalkan fungsi otak kanan lebih baik dari pada siswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang rendah. Untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian pretes dan posttest control grup.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang, dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara Cluster Random Sampling dipilih dua kelas yaitu kelas VII.A (N = 36) yang menggunakan pembelajaran dengan media lagu sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.F (N = 37) yang menggunakan pembelajaran biasa sebagai kelas kontrol.

Pegolahan data menggunakan softwere SPSS versi 23, berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang pembelajarannya diajarkan melalui media lagu dengan mengoptimalkan fungsi otak kanan lebih baik dari pada siswa yang diajarkan melalui pembalajaran biasa.

 

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matemati, Media Lagu, dan Fungsi Otak Kanan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta:

Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 22. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 32. (2013). Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Ramlah dan Hanifah. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. Supremum Journal of Mathematics Education. ISSN: 2548-8163.

Ratminingsih, N.M. (2016). Efektifitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. ISSN: 2303-288X.

Wigati Dan Sutriyono. (2017). Deskripsi Penggunaan Otak Kiri dan Otak Kanan pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bagi Siswa SMP. Jurnal Mitra Pendidikan. ISSN 2550-481.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Elawati, V. P., Ramlah, R., & Utami, M. R. (2021). OPTIMALISASI FUNGSI OTAK KANAN MELALUI MEDIA LAGU TERHADAP PENCAPAIAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2136

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>