Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat Pada Siswa SMP

Penulis

  • Rita Nurkhalipah Pendidikan Matematika
  • Ramlah Ramlah Pendidikan Matematika UNSIKA

Abstrak

Tujuan penulisan artikel hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tahapan Polya. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 37 siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri yang ada di kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah  sebanyak tiga butir soal. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi sebanyak 5,4% siswa, mampu menyelesaikan soal dengan tiga tahapan Polya yaitu memahami masalah dengan menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, mampu menyusun rencana dengan menuliskan rumus yang tepat dan melaksanakan rencana  yang sesuai, tanpa memeriksa kembali hasil dan hanya memberikan kesimpulan. Pada kategori sedang sebanyak 75,7% siswa, mampu menyelesaikan soal dengan dua tahapan Polya yaitu memahami masalah dengan menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, tidak menyusun rencana tetapi langsung melaksanakan rencana dengan menuliskan penyelesaiannya serta tidak memeriksa kembali hasil. Dan pada kategori rendah sebanyak 18,9% siswa, tidak memiliki satupun tahapan Polya dalam menyelesaikan soal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi segiempat sebagian besar siswa hanya memiliki dua tahapan Polya yaitu memahami masalah dan melaksanakan rencana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, A. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batukliang pada Materi Teorema Pythagoras. Mataram: Universitas Mataram.

Ardiana, N. A., Arigiyati, T. A., & Nasroni. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah I Imogiri. Jurnal Sendika, Volume 5 Nomor 1.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.

Fadillah, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X MAN Lima Puluh. Medan: UIN Sumatera Utara Medan.

Fitria, N. F., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, Volume 8 Nomor 1.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMO Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar ditinjau dari Teori Van Hiele. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Moleng, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Purnamasari, P. D. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk pada Pokok Bahasan Peluang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Arti, M. G., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 6b Nomor 2 82-90.

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Materi Pecahan oleh Siswa SMP ditinjau dari Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4 Nomor 2.

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Majalah Ilmiah Kependidikan, Volume 3 Nomor 1.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya Offset.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nurkhalipah, R., & Ramlah, R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat Pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2442

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>