Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Segiempat Bagi Siswa SMP

Penulis

  • Dini Safira Dinda Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP, khususnya pada materi segiempat. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 26 siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang berjumlah 2 butir soal pada indikator mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah, serta mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa pada kategori tinggi sebanyak 23,08%, sedangkan pada kategori sedang sebanyak 34,62%, dan pada kategori rendah sebanyak 42,31%. Indikator menerapkan rumus atau konsep dalam perhitungan sederhana pada kategori tinggi sebanyak 46,15%, dimana siswa sudah mampu menjawab dengan tepat dan benar. Kemudian, untuk kategori rendah sebanyak 53,85%, siswa menjawab dengan konsep dan prinsip terhadap soal matematika yang terbatas . Pada indikator menjelaskan sesuatu konsep berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki terdapat 19,23% pada kategori tinggi, dimana siswa hanya memberikan sebagian dari ciri-ciri bangun segiempat. Pada kategori sedang sebanyak 15,38%, siswa hanya menyebutkan satu ciri-ciri dari bangun segiempat. Kemudian, kategori rendah sebanyak 65,38%, siswa hanya menjawab bangun jajaran genjang tanpa memberikan alasan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih berada di kategori rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika, 68-78.

Azwar, S. (2006). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farnika, N., Ikhsan, M., & Sofyan, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jurnal Elemen, 144-152.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.59 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Jurnal Numeracy, 1-9.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DI BANDUNG BARAT. JPPM, 19-30.

Sumaryati, E., & Sumarmo, U. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif disertai Strategi Think-Pair-Square-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 26-42.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Dinda, D. S., & Ramlah, R. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Segiempat Bagi Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2419

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>