Deskripsi Kemampuan Sintesis Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Penulis

  • salma viamita Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini merupakan hasil studi yang bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan sistesis dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Hal ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan sintesiss dalam menyelesaika soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek yang di kaji sebanyak 16 siswa kelas IX disalah satu Sekolah Menengah Pertama di kecamatan karawang barat Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian deksritif kualitatif ini menggunakan kemampuan sintesis berupa tes uraian sebanyak 2 soal. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bahwa kemampuan sintesis siswa ialah 18,75% dapat menguasai 3 indikator kemampuan sintesis,57,75% dalam katagori sedang mampu menguasi indikator merumuskan dan memproduksi,25% dalam katagori rendah yaitu ketidakmampuan siswa dalam 3 indikator. Dapat disimpulkan bahwa kemmapuan sintesis siswa pada materi bangun ruang sisi datar hanya pada katagori merumuskan dan memproduksi kemampuan sintesis

Kata kunci:

Kemampuan sintesis,, soal cerita, bangun ruang sisi datar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto. (2017). Dasar-Dasar evaluasi pembelajaran . Bandung: Bumi Aksara.

arikunto, s. (2002). metode penelitian. jakarta : PT.RINEKA CIPTA.

DR.LEXY J. MELEONG, M. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATIF . BANDUNG .

Effendi , k. A. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. . Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45-52.

fahrina,M.rifuddin,Abdul Salam M. (2018). meningkatan kemampuan analisis sintesis siswa kelas X MIA SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJRAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING . Berkala Ilmiah Pendidikan FisikA, 99-100.

Hanna SIti Nurhasanah, E. E. (2017). analisis kemampuan sintesis peserta didik dengan menggunakan model problem based learning di tinjau dari selft esteem .

Krathwohl, D. (2002). a revision of bloom's taxonomy;an overview.

Mardiyati, I. (n.d.). TINGKAT KEMAMPUAN ANALISA DAN SINTESA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL FTIK IAIN PONTIANAK TA. 2016/2017 . 10.

peningkatan kemampuan analisis sintesis dan evaluasi melalui pembelajaran problem solving . (2009). pardiono dan wardaya.

purbaningrum. (2017). kemampuan dalam meningkatkan keterampilan berpikir yang tidak aakan lepas dari kemampuan seseorang dalam melakukan proses sebagai informasi secara mental atau kognitif yang akan dimulai dengan level rendah sehingga ke level yang lebih tinggi.

s.v, d. (2013). pengaruh pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap peningkatan kemampuan sintesis dan analisis matematika siswa smk.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar . PT remaja rosdakarya .

zannah. (2013). ranah kognitif taksonomi bloom kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi aspek proses berpikir sintesis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

viamita, salma, & Ramlah, R. (2019). Deskripsi Kemampuan Sintesis Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2635

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>