Analisis Pengaruh Nilai Konsumsi terhadap Niat Beli Pada Produk Sayuran Organik di Kabupaten Karawang

Penulis

  • Rosdiana Mandasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fatimah Azzahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrajit Wicaksana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/agrimanex.v5i1.12023

Abstrak

Maraknya tren gaya hidup sehat, meningkatkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat dan mulai beralih mengonsumsi produk pertanian organik. Jenis produk pertanian organik salah satunya yaitu sayuran organik. Hal ini mendorong adanya perubahan persepsi dan perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi pengaruh nilai konsumsi terhadap niat beli pada sayuran organik di Karawang. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang mengetahui sayuran organik dan pernah mengonsumsi sayuran organik di Karawang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 115 responden secara purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis SEM-PLS. Temuan pada penelitian ini adalah nilai konsumsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada sayuran organik di Karawang. Berdasarkan hasil, terdapat tiga nilai konsumsi yang memiliki pengaruh lebih besar yaitu nilai fungsional, nilai sosial, dan nilai kondisional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial least square (PLS) Alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103-150.

Agustina, L. (2011). Teknologi Hijau dalam Pertanian Organik Menuju Pertanian Berlanjut. Malang: UB Press.

Amin, S., & Tarun, M. T. (2021). Effect of consumption values on customers’ green purchase intention: a mediating role of green trust. Social Responsibility Journal, 17(8), 1320–1336. https://doi.org/10.1108/SRJ-05-2020-0191

David, W., Alkausar, S., & Widyarti, B. (2023). Statistik Pertanian Organik Indonesia.

Julius, P., & Nagel, F. (2020). Etika Lingkungan Hidup. Seminar Teknologi Kebumian Dan Kelautan (SEMITA II), 2(1).

Lukiarti, M. (2019). Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Sikap Terhadap Minat Beli Produk Hijau. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3).

Maharani, B. D., & Purnamarini, T. R. (2022). Aplikasi Theory Of Consumption Value Terhadap Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(2). https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i2.2448

Rizkalla, N., & Setiadi, D. D. (2020). Appraising the Influence of Theory of Consumption Values on Environmentally-Friendly Product Purchase Intention in Indonesia. Management & Marketing, 18(1).

Septiadi, D., & Mundiyah, I. A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Tani. Jurnal AGRIFO, 5(1), 35–43.

Suhaeni, S., Wulandari, E., Turnip, A., & Deliana, Y. (2024). Factors influencing green, environmentally-friendly consumer behaviour. Open Agriculture, 9(1), 20220269. https://doi.org/10.1515/opag-2022-0269

Thomé, K. M., Cappellesso, G., & Pinho, G. M. (2021). Food consumption values and the influence of physical activity. British Food Journal, 123(3). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2020-0432

Watanabe, E. A. de M., Alfinito, S., Curvelo, I. C. G., & Hamza, K. M. (2020). Perceived value, trust and purchase intention of organic food: a study with Brazilian consumers. British Food Journal, 122(4). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2019-0363

White, K., Habib, R., & Hardisty, D. J. (2019). How to SHIFT consumer behaviors to be more sustainable: A literature review and guiding framework. Journal of Marketing, 83(3). https://doi.org/10.1177/0022242919825649

Yahya, Y. (2022). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1). https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131

Yulia, Y. A., & Untoro, W. (2016). Efek Nilai Konsumsi Terhadap Niat Pembelian Kembali Pada Green Product. Jurnal Economia, 12(1). https://doi.org/10.21831/economia.v12i1.9828

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-11

Cara Mengutip

Mandasari, R., Azzahra, F., & Wicaksana, I. (2024). Analisis Pengaruh Nilai Konsumsi terhadap Niat Beli Pada Produk Sayuran Organik di Kabupaten Karawang . Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v5i1.12023

Terbitan

Bagian

Volume 5 No 1

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama