Analisis Pengaruh Nilai Konsumsi terhadap Niat Beli Pada Produk Sayuran Organik di Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/agrimanex.v5i1.12023Abstrak
Maraknya tren gaya hidup sehat, meningkatkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat dan mulai beralih mengonsumsi produk pertanian organik. Jenis produk pertanian organik salah satunya yaitu sayuran organik. Hal ini mendorong adanya perubahan persepsi dan perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi pengaruh nilai konsumsi terhadap niat beli pada sayuran organik di Karawang. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang mengetahui sayuran organik dan pernah mengonsumsi sayuran organik di Karawang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 115 responden secara purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis SEM-PLS. Temuan pada penelitian ini adalah nilai konsumsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada sayuran organik di Karawang. Berdasarkan hasil, terdapat tiga nilai konsumsi yang memiliki pengaruh lebih besar yaitu nilai fungsional, nilai sosial, dan nilai kondisional.
Unduhan
Referensi
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial least square (PLS) Alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103-150.
Agustina, L. (2011). Teknologi Hijau dalam Pertanian Organik Menuju Pertanian Berlanjut. Malang: UB Press.
Amin, S., & Tarun, M. T. (2021). Effect of consumption values on customers’ green purchase intention: a mediating role of green trust. Social Responsibility Journal, 17(8), 1320–1336. https://doi.org/10.1108/SRJ-05-2020-0191
David, W., Alkausar, S., & Widyarti, B. (2023). Statistik Pertanian Organik Indonesia.
Julius, P., & Nagel, F. (2020). Etika Lingkungan Hidup. Seminar Teknologi Kebumian Dan Kelautan (SEMITA II), 2(1).
Lukiarti, M. (2019). Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Sikap Terhadap Minat Beli Produk Hijau. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3).
Maharani, B. D., & Purnamarini, T. R. (2022). Aplikasi Theory Of Consumption Value Terhadap Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(2). https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i2.2448
Rizkalla, N., & Setiadi, D. D. (2020). Appraising the Influence of Theory of Consumption Values on Environmentally-Friendly Product Purchase Intention in Indonesia. Management & Marketing, 18(1).
Septiadi, D., & Mundiyah, I. A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Tani. Jurnal AGRIFO, 5(1), 35–43.
Suhaeni, S., Wulandari, E., Turnip, A., & Deliana, Y. (2024). Factors influencing green, environmentally-friendly consumer behaviour. Open Agriculture, 9(1), 20220269. https://doi.org/10.1515/opag-2022-0269
Thomé, K. M., Cappellesso, G., & Pinho, G. M. (2021). Food consumption values and the influence of physical activity. British Food Journal, 123(3). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2020-0432
Watanabe, E. A. de M., Alfinito, S., Curvelo, I. C. G., & Hamza, K. M. (2020). Perceived value, trust and purchase intention of organic food: a study with Brazilian consumers. British Food Journal, 122(4). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2019-0363
White, K., Habib, R., & Hardisty, D. J. (2019). How to SHIFT consumer behaviors to be more sustainable: A literature review and guiding framework. Journal of Marketing, 83(3). https://doi.org/10.1177/0022242919825649
Yahya, Y. (2022). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1). https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131
Yulia, Y. A., & Untoro, W. (2016). Efek Nilai Konsumsi Terhadap Niat Pembelian Kembali Pada Green Product. Jurnal Economia, 12(1). https://doi.org/10.21831/economia.v12i1.9828